Senin, 18 April 2011

Dongeng Gorila dan Anaknya

      Di tengah hutan Amazon hiduplah raja gorila. Badannya besar, bulunya lebat, dan wajahnya sungguh menyeramkan. Raja gorila mempunyai tiga anak laki-laki. Nama-nama anaknya adalah Botak, Ulum, dan Kriwil.
      Meskipun terlihat menyeramkan, hati raja gorila sungguh baik. Dia sangat mencintai anak-anaknya. Setiap pulang dari mencari makan, raja gorila selalu membelai anak-anaknya. Dia juga tidak pernah melalaikan tugas-tugasnya sebagai seorang induk.
      Suatu hari raja gorila pergi mencari buah untuk makan malam anak-anaknya. Senja hari dia baru pulang. Dia membawa buah jeruk yang sudah matang. Dia ingin anak-anaknya menjadi anak yang sehat.
      Senja itu induk gorila sampai di rumah. Namun, belum sampai buah jeruk itu ditaruh, Botak dan Kriwil saling berebut buah jeruk itu. Jeruk-jeruk itu menggelinding di tanah. Melihat kejadian itu, raja gorila tidak marah, dia justru tersenyum. Dia senang melihat anak-anaknya lincah. Akan tetapi, ada yang membuat hati raja gorila heran. Dia melihat Ulum, anaknya yang nomor dua, hanya diam saja. Lalu raja gorila bertanya, "Mengapa kau tidak ikut berebut, Ulum?" dan Ulum pun menjawab, "Saya tidak suka berebut, saya menunggu sisanya saja." Raja gorila hanya termenung. Dia hanya berpikir, sungguh bijaksana anak itu. Lalu raja gorila memanggil Botak dan Kriwil. Raja gorila berkata, "Hai anakku Botak dan Kriwil, lihatlah saudaramu si Ulum ini, dia sungguh bijaksana, tirulah dia." Botak dan Kriwil hanya terdiam dan malu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar