Jumat, 15 April 2011

Dongeng GANDIS

Gandis  
      Di sebuah kampung dekat pinggir hutan tinggallah Bu Darsih bersama anak gadisnya. Anak gadisnya bernama Gandis. Mata pencaharian mereka mencari kayu bakar di hutan. Mereka menjual kayu bakar di kota.
      Pagi itu Gandis pulang dari warung. Ia baru saja membeli bumbu dapur. Di jalan Gandis bertemu dengan seorang kakek berjenggot putih. Si kakek minta belas kasihan kepada Gandis. Si kakek mengaku sudah tiga hari belum makan. Gandis merasa iba. Ia pun bingung karena hanya mempunyai bumbu dapur. Akhirnya, Gandis pun mengajak kakek itu pulang ke rumahnya. Setibanya di rumah, Gandis bercerita kepada ibunya. Si kakek diminta menunggu di serambi rumah hingga mereka selesai memasak. Gandis pun segera memberikan sepiring nasi dan lauk seadanya kepada si kakek. Mereka pun segera makan pagi.
      Seminggu kemudian, si kakek yang pernah ditolongnya datang. Si kakek mengatakan bahwa ia ingin membalas budi Gandis dan ibunya. Si kakek ingin memberikan peti perhiasan itu kepada Gandis dan ibunya. Belum sempat Gandis dan ibunya mengucapkan terima kasih, tiba-tiba si kakek menghilang. Sejak itu Gandis dan ibunya tidak lagi kekurangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar