Sabtu, 22 Oktober 2011

Menentukan Kalimat Utama atau Ide Pokok Paragraf



 1. Contoh paragraf yang kalimat utamanya di awal (deduktif )
Ada banyak cara yang orang lakukan untuk mengisi hari pertamanya di tahun baru. Ada yang menyambut fajar pertama di puncak gunung. Ada yang biasanya bersenang-senang dengan konvoi kendaraan bermotor, atau merayakannya dengan pesta kembang api, atau mungkin merayakannya dengan pasangan masing-masing.
2. Contoh paragraf yang kalimat utamanya di akhir (induktif)
Ada orang yang menyambut fajar pertama di puncak gunung. Ada yang memilih bersenang-senang dengan konvoi kendaraan bermotor. Akan tetapi, ada juga yang memilih menyambut tahun baru dengan pesta kembang api, atau mungkin merayakannya dengan pasangan masing-masing. Ya, itulah berbagai cara yang dilakukan orang untuk mengisi hari pertamanya di tahun baru.
3. Contoh paragraf yang kalimat utamanya di awal dan di akhir (campuran)
Ada banyak cara yang orang lakukan untuk mengisi hari pertamanya di tahun baru. Ada yang menyambut fajar pertama di puncak gunung, bersenang-senang dengan konvoi kendaraan bermotor, atau merayakannya dengan pesta kembang api, atau mungkin merayakannya dengan pasangan masing-masing. Ya, itulah berbagai cara yang dilakukan orang untuk menyambut tahun baru.

4. Contoh paragraf yang kalimat utamanya di seluruh isi paragraf (paragraf narasi dan deskripsi)
Salah satu kerinduan ibu saya adalah melihat kami, anak-anaknya, dapat menyelesaikan pendidikan dan mendapat pekerjaan sesuai dengan latar belakang pendidikan kami masing-masing. Di atas semua kerinduan itu, ia menanamkan kepada kami sikap yang takut akan Tuhan dan hati yang mengandalkan Tuhan dalam segala hal. Ibu selalu mengajarkan. "Kalau bukan Tuhan yang menyertai dan memberkati usaha yang kita lakukan, maka semua usaha dan kekuatan yang kita kerahkan akan sia-sia. Karena itu, berdoalah untuk setiap hal yang sudah kita rencanakan dan mintalah tuntunan serta campur tangan-Nya. (paragraf narasi)
            Di dinding sebelah kanan tergantung sebuah rak buku yang seluruhnya juga dilapisi dengan kertas yang sama dengan alas meja. Rak itu penuh buku, teratur rapi, dan di atas rak ada beberapa map. Di bawah rak terpampang sebuah lukisan wayang yang besar di atas dasar kain warna merah, dilukis dengan tinta warna emas. Di bawahnya terdapat sebuah dipan, sama panjangnya dengan lukisan itu. Dipan tersebut ditutup bed cover merah dengan motif primitif tenunan Bali. (paragraf deskripsi)

Contoh soal:
1) Indonesia kini memiliki atlas resmi nasional. 2) Namanya, Atlas Nasional Indonesia. 3) Atlas nasional merupakan kumpulan peta tematik, deskripsi gambar, foto, dan citra satelit yang disusun secara sistematik. 4) Atlas ini menggantikan atlas Hindia Belanda yang digunakan selama ini.
1. Ide pokok paragraf tersebut adalah ….
  1. Indonesia memiliki atlas resmi nasional.
  2. Indonesia sudah tidak menggunakan atlas buatan Belanda.
  3. Atlas buatan Belanda sudah tidak diperlukan lagi.
  4. Atlas nasional dibuat secara sistematis.
  5. Atlas resmi Indonesia hanya Atlas Nasional Indonesia.

(1) Musik terbukti mempunyai persamaan seperti bahasa yakni suatu artikulasi rangkaian bunyi yang kemudian bermakna lebih dari bunyi. (2) Dia mengungkapkan sesuatu, bisa politis bisa manusiawi. (3) Di tengah padang rumput Glastonbury suatu kawasan pertanian di daerah Somerset, Inggris, seruan untuk menaruh perhatian terhadap persoalan pemanasan global, masalah rasial, dan ketidakadilan terdengar bersama eksplosi hybrid punk-disco-rock. (4) Begitu juga bahasa dapat mempengaruhi manusia untuk melakukan sesuatu. (5) Jadi, musik dan bahasa memiliki persamaan.

2. Ide pokok paragraf tersebut adalah ….
 A. musik mengungkapkan ideologi          C. persamaan musik dan bahasa                        E. wujud artikulasi musik
 B. sifat musik manusiawi                            D. musik menyerukan kebenaran

(1) Ekonomi di Indonesia memang belum pulih seratus persen. (2) Ditambah lagi dengan keadaan rakyat yang menderita. (3) Akan tetapi, jika melihat sinyal-sinyalnya, ada beberapa indikator perekonomian yang membaik secara kasat mata. (4) Misalnya suku bunga mulai menurun, rupiah mulai menguat, dan inflasi terkendali. (5) Oleh karena itu, harapan bersinarnya kembali ekonomi Indonesia rasanya tidak jauh dari pelupuk mata.

3. Kalimat utama paragraf tersebut terdapat pada nomor . . . . (Ujian Nasional 2007/2008)
    A. (1)  B. (2)                       C. (3)                       D. (4)                      E. (5)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar